Scroll keatas untuk baca artikel
Example 325x300
Regional

Ke 6 Kalinya SMK Swasta Teladan Pematangsiantar Kembali Berangkatkan Siswa Lulusan Alfamart Class ke Dunia Kerja

×

Ke 6 Kalinya SMK Swasta Teladan Pematangsiantar Kembali Berangkatkan Siswa Lulusan Alfamart Class ke Dunia Kerja

Sebarkan artikel ini
Ke 6 Kalinya SMK Swasta Teladan Pematangsiantar Kembali Berangkatkan Siswa Lulusan Alfamart Class ke Dunia Kerja
Didampingi kedua orang tua siswa lulusan Alfamart Class usai menerima kontrak kerja di PT. SAT, Tbk (Photo : Raen Yoez/ Dailyposnesia)

DAILYPOSNESIA, PEMATANGSIANTAR – Sejak tahun 2016 hingga sekarang Alfamart Class meluluskan kurang lebih 200 siswa. Sejak itu program Alfamart Class diperuntukkan menjadikan siswa yang tangguh siap kerja dan bersaing di industri ritel moderen dan tahun ini SMKS Teladan kembali berangkatkan 30 siswa/i kelas XII jurusan Alfamart Class Angkatan Ke_6 TP.2023/2024 ke dunia kerja. Selasa 30 April 2024.

Kegiatan ini digelar di Aula Tut Wuri Handayani YP. Teladan Pematangsiantar. Kehadiran pihak yayasan didampingi kepala Sekolah dan guru pengajar serta orang tua siswa dan tamu undangan disambut dengan tarian tor tor sombah sekaligus pengalungan bunga kepada rombongan PT. Sumber Alfaria Trijaya (SAT) Tbk.

Acara yang dipandu oleh Mc SMKS terlebih dahulu mempersilakan para hadirin berdiri bersama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya kemudian Do’a dipimpin langsung oleh Ketua MUI Kota Pematangsiantar Drs. HM Ali Lubis. Selanjutnya paduan suara Siswa Alfamart Class menyanyikan lagu Mars SMK.

Selanjutnya kata sambutan Kepala SMK Swasta Teladan Sudarlian MSi, Pembina YP. Teladan Ernita Manurung, Cooporate Afair Direktur PT. Sumber Alfaria Trijaya (SAT) Tbk, Pengembalian siswa Alfamart Class Angkatan Ke 6 sekaligus penyerahan Siswa Alfamart Class Angkatan Ke 5 secara simbolis oleh orang tua siswa kepada PT. SAT, Tbk dan pemberangkatan Siswa lulusan Alfamart Class Angkatan 5 Ke PT. SAT, Tbk.

Program Alfamart Class merupakan program kerja sama PT. Sumber Alfaria Trijaya (SAT) Tbk dengan SMK Swasta Teladan Pematangsiantar untuk mendidik siswa menjadi lulusan yang dapat langsung siap bekerja dan diterima di PT. SAT Tbk untuk menempati posisi jabatan sesuai kebutuhan PT. SAT Tbk berdasarkan profil kompetensi yang telah disepakati bersama.

Baca Juga :  Gerak Cepat Polsek Patumbak Amankan Pria Rambut Gondrong, Ternyata Kasusnya Ngeri !!  

Dan program ini juga didesain khusus menggunakan kurikulum yang spesifik di sesuaikan dengan kebutuhan PT. SAT, Tbk, tentunya keunggulan program ini setelah lulus, dan jika memenuhi kriteria dapat bekerja dan langsung diterima menjadi karyawan dilingkungan PT SAT Tbk.

Kepala SMK Swasta Teladan Pematangsiantar, Sudarlian S.Pd MSi dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada PT. Sumber Alfaria Trijaya (SAT) Tbk atas kerjasama yang sudah terjalin selama ini sejak tahun 2016.

Sementara itu Kepala SMK Swasta Teladan Sudarlian S.Pd MSi menjelaskan implementasi manfaat yang dirasakan langsung oleh pihak sekolah sebagai evaluasi pihak sekolah terus berupaya untuk terus meningkatkan sarana prasana pembelajaran. Tingginya animo masyarakat terhadap keinginan bergabung di Alfamart Class berharap agar peluang untuk calon siswa bergabung ditambah mengingat kuota maksimal rombongan belajar yakni 36 orang.

“Bekerja sama dengan PT. Sumber Alfaria Trijaya (SAT) Tbk kedepannya akan lebih baik dan saat ini sudah berlangsung adalah penyiapan tamatan atau lulusan Alfamart Class yang memiliki kompetensi kriteria yang telah ditetapkan oleh PT. SAT, Tbk, selanjutnya harapan kami PT SAT bisa memberikan sarana prasana yang lebih untuk kegiatan proses belajar mengajar agar untuk memenuhi animo masyarakat yang sejak berdirinya Alfamart Class ini semakin tinggi. Harapan kami PT. Sumber Alfaria Trijaya kedepan memberikan kuota yang lebih besar yaitu dari sekelas menjadi 2 kelas.” Harapnya

Baca Juga :  Plt Walikota Pematangsiantar Serahkan Medali Kepada Enam Siswa SMPN 1 Pematangsiantar Berprestasi

Dalam rangka pemberangkatan siswa Alfamart Class Angkatan Ke 6, Pembina Yayasan Pendidikan Teladan Pematangsiantar Ernita Manurung dalam sambutan mengucapkan terimakasih kepada seluruh hadirin khususnya kehadiran PT. Sumber Alfaria Trijaya (SAT) Tbk serta seluruh orang tua siswa dan tamu undangan.

“Kepada seluruh siswa Alfamart Class Angkatan Ke 6 Hari ini adalah hari istimewa bagi kalian memasuki babak baru melangkah kedunia kerja lebih luas dengan penuh tantangan dan saya berpesan kepada kalian tetaplah berpegang teguh terhadap nilai nilai moral dan agama, 2 gunakan ilmu pengetahuan yang yang telah kalian diperoleh, 3 jaga nama baik sekolah dan almamater SMK Swasta YP Teladan dengan selalu berprilaku yang baik,” Pesannya.

People Development Manager PT. SAT Tbk Desmi Latifa mengatakan SMK Swasta Teladan merupakan pionir lulusan terbanyak diterima di PT. SAT Tbk. Untuk dapat mengikuti program tersebut dibutuhkan beberapa syarat khusus yakni persyaratan pisik maupun nilai calon siswa yang pastinya untuk menjadi Siswa di Alfamart Class harus mengikuti standar perusahaan mulai dari nilai kelulusan di SMPnya dan tinggi badan selanjutnya tes pesikotes yang langsung dites perusahaan”

“Menurut penilaian manajemen kami, SMK Swasta Teladan Pematangsiantar merupakan salah satu pionir kebetulan siswa kelulusannya terbanyak diterima di perusahaan kami, oleh karena itu kenapa tidak dengan mengikat kerja sama Alfamart Class, jadi mulai dari penerimaan kita sudah ikatkan dengan kurikulum dengan kebutuhan perusahan,” sebutnya

Baca Juga :  PBB Tunjuk UPER Kembangkan Green Chemistry Bersama Kemenperin dan Yale University

Dia juga mengungkapkan, bahwa siswa tamatan Alfamart Class dapat langsung bekerja di PT SAT, Tbk dengan posisi grade 4, yaitu satu tingkat lebih tinggi dari penerimaan tenaga di luar Alfamart Class serta langsung mendapat gaji sesuai UMR.

Sementara itu ketua kompetensi Alfamart Class SMK Swasta Teladan Pitta Emma Sitorus S.Pd yang juga menjabat sebagai Wakasek kurikulum mengatan program ini didesain khusus dengan mengacung kepada peraturan pendidikan nasional yang ada. Dan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan industri ritel, dalam hal ini SMK Swasta Teladan mendapatkan Akreditasi dari PT. SAT Tbk yang merupakan sekolah setatus amat baik.

“Pertama kali kita mengadakan singkronisasi kurikulum dengan pihak Alfamart langsung ditangani pak Deni dari Jakarta setelah itu kita sudah 2 kali singkron kurikulum tahun 2016 dan 2022 kemudian diadakan lagi Akreditasi apakah Alfamart memang layak diteruskan atau tidak dan itu langsung di Akreditasi pihak Alfamart dari pusat sehingga kita mendapatkan nilai amat baik dengan senilai 95 jadi kurikulum kita sudah singkron dengan Alfamart sehingga pembelajaran pembelajaran yang dibutuhkan siswa itu bisa diajarkan diAlfamart.” Jelasnya.

Diakhir acara terlihat Organik Yayasan Teladan bersama People Deploment Manager PT. Sumber Alfaria Trijaya (SAT) Tbk beserta Kepala sekolah, Ketua Kurikulum, Guru pengajar dan seluruh siswa kelulusan Alfamart Class Angkatan Ke 6 bahagia berpoto bersama.