Scroll keatas untuk baca artikel
Example 325x300
Regional

4 Siswa SMKS Teladan Pematangsiantar Lulus SNBP Tahun 2024

×

4 Siswa SMKS Teladan Pematangsiantar Lulus SNBP Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
4 Siswa SMKS Teladan Pematangsiantar Lulus SNBP Tahun 2024
Beberapa siswa lainnya bersiap menuju dunia kerja

DAILYPOSNESIA, PEMATANGSIANTAREmpat siswa SMKS Teladan Pematangsiantar Lulus Seleksi SNBP, meski pada umumnya alumni SMK di cetak untuk siap masuk ke dunia kerja, namun tidak menutup kemungkinan para alumni SMK juga berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan sesuai minat dan bakatnya kata Kepala SMKS Teladan Sudarlian SPd, MSi kepada awak media ini Sabtu (6/4/24) sore.

Ini tentunya sesuai dengan salah satu slogan “SMK BMW”, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan semakin mempunyai banyak pilihan, hal tersebut dikarenakan sekolah kejuruan melahirkan dan mencetak generasi yang kompeten dan profesional serta siap kerja, sehingga masyarakat dengan alasan-alasan tersendiri memilih SMK sebagai tempat untuk anak-anak mereka belajar dan menuntut ilmu.

Sekolah kejuruan seolah menjawab permasalahan yang dihadapi oleh para orang tua. Masyarakat sebagian menginginkan setelah menempuh pendidikan menengah anak-anak dapat mandiri dan memiliki kompetensi yang bisa untuk mencari pekerjaan ataupun menjadi wirausahawan. Sebagian lagi ada orang tua yang menginginkan mereka memiliki dasar keahlian yang ke depannya bisa dipertajam di bangku kuliah dan semua itu bisa diwujudkan melalui sekolah kejuruan, untuk itu perlu kerja nyata dari semua warga dan pemangku pendidikan.

“Setiap lulusan sekolah kejuruan akan dibekali ilmu untuk mempersiapkan kelanjutan dan aplikasi dari hasil belajarnya. Kerja keras dari Kepala Sekolah dan Guru haruslah berorientasi pada kebutuhan siswa atau calon lulusan, tuntutan dari lulusan yang sering disampaikan dengan istilah “SMK BMW”, yang merupakan singkatan dari Bekerja, Melanjut dan Berwirausaha. Ketiga pilihan tersebut tentunya memiliki risiko dan tantangan masing-masing. Untuk itu, SMK berkewajiban untuk mendidik, melatih, menempa siswanya agar memiliki ketrampilan/skil untuk siap Bekerja, Melanjut atau Berwirausaha,” terang Sudarlian.

Baca Juga :  HUT ke 40 Rumah Sakit Vita Insani Pematang Siantar Hikmat dan Meriah
4 Siswa SMK Swasta Teladan Pematangsiantar (Photo : Ist)

Sebagai pembuktian berjalannya slogan “SMK BMW” di SMKS Teladan Pematangsiantar tahun ini dari 17 orang yang mengikuti TES QUANTITATIVE DAN QUALITATIVE dan dilanjutkan tes wawancara yang dilaksanakan PT. Cipta Futura Palembang pada hari Jum’at 2 Maret 2024, 8 orang (Audina Olivia Nainggolan; Boybelfrik Christian Sitorus; Cice Mery Chrismes Purba; Delala Karan Sinaga; Nasyrah Sukma Kelas XII OTKP dan Thasya Silaban XII RPL serta Vanisya Salsa Hanifa XII TKJ) dinyatakan lulus dan saat ini sedang menunggu hasil final karena mereka baru saja mengikuti test kesehatan yang dilaksanakan Sabtu, 30 Maret 2024 di Laboratorium Klinik Gatot Subroto Medan.

Dan bila lulus dari tahap ini mereka tinggal menunggu tanda tangan kontrak dari perusahaan untuk segera bekerja di PT. Cipta Futura Palembang, sedangkan 30 orang siswa kelas XII program unggulan Alfamart Class SMKS Teladan Pematangsiantar dan pada saat dinyatakan lulus Ujian Sekolah (rencana pengumuman tanggal 6 Mei 2024) dan sudah mencapai usia 18 tahun akan langsung diterima bekerja di PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk./Alfamart.

Siswa yang dinyakan lulus seleksi di PTN melalui jalur SNBP Tahun 2024 adalah :

  1. Zaky Rahmana R Ginting, XII RPL.2 di terima di Universitas Timor, Program Studi Ilmu Pemerintahan;
  2. Arta Tanata Natasia Purba, XII BDP/Alfamart Class diterima di Universitas Sumatera Utara, Program Studi Bahasa Jepang;
  3. Sopia Ramadani, XII AKL diterima di UIN Malikussaleh, Program Studi Ekonomi Syariah, dan;
  4. Zul Fahmi Agasi Barabai Harahap, XII AKL diterima UIN Malikussaleh, Program Studi Akuntansi.
Baca Juga :  Ephorus Emeritus Pdt Dr Darwin Lumbantobing Dalam Waktu Dekat akan Menerbitkan Buku berjudul Boru Ni Raja Diparhatoban

Zulfahmi Siswa Kelas XII AKL, menyampaikan sebagai seorang siswa yang baru saja dinyatakan lulus dan diterima di PTN, saya merasakan perasaan yang campur aduk antara kegembiraan, bangga, dan sedikit terharu karena berhasil diterima di PTN.

“Saya merasa sangat bahagia dan puas karena usaha keras dan dedikasi saya dalam belajar dan persiapan untuk masuk perguruan tinggi telah membuahkan hasil. Ini adalah pencapaian besar dalam hidup saya yang saya rasakan dengan penuh kebanggaan dan sedikit terharu karena tidak menyangka bahwa saya berhasil lolos di PTN dan jurusan yang saya ingin kan serta berhasil terpilih dan menyingkirkan beberapa peserta lainnya,”

Tak lupa pula saya ingin berterima kasih kepada pihak sekolah atas semua dukungan, bimbingan, dan pengajaran yang telah diberikan selama ini, tanpa jasa mereka mungkin saya tidak akan bisa berada dititik sekarang ini, saya sangat bersyukur karena telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri, dan kesuksesan ini tidak mungkin tercapai tanpa kontribusi luar biasa dari semua pihak yang ada di sekolah.

Baca Juga :  Plt Wali Kota Pematang Siantar Motivasi Pegawai Di Lingkungan Kantor Camat Siantar Marihat Dan Menyapa Masyarakat Di Kelurahan

“Terima kasih untuk bapak ibu guru yang telah mendidik dan mensupport saya sehingga saya bisa lulus masuk Universitas Negeri yang saya inginkan. Saya senang bisa mendapatkan apa yang saya impikan di sekolah ini dan semua ilmu yang di berikan oleh bapak dan ibu guru sudah sangat bermanfaat bagi saya kedepannya, saya senang sudah menuntut ilmu di Yayasan Pendidikan Teladan Pematangsiantar,” terang Sopia Ramadani dari kelas yang sama.

Lain dengan lagi Arta Tanata Natasha Purba yang satu ini dari kelas unggulan program khusus (Teaching Factory) Alfamart Class/Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran yang ada di SMKS Teladan Pematangsiantar dan satu-satu di Sumatera Utara, ia menyampaikan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan terima kasih untuk Kepala SMKS Teladan Pematangsiantar beserta Guru-Guru yang telah mendidik dan mengajar saya kurang lebih 3 tahun dan akhirnya sampai membawa saya diterima dan lolos di Universitas Sumatera Utara Fakultas Vokasi jurusan Bahasa Jepang melalui jalur SNBP.

Dengan lingkungan dan fasilitas di SMKS Teladan Pematangsiantar dan Guru-guru yang profesional di bidangnya serta teman-teman yang selalu mendukung saya dapat meraih nilai serta apa arti disiplin. Semoga SMKS Teladan Pematangsiantar dengan program unggulannya Alfamart Class kedepan semakin gemilang dan menjadi pilihan calon peserta didik baru di ajang PPDB Tahun Pelajaran 2024/2025.