Scroll keatas untuk baca artikel
Example 325x300
Regional

Dr Sarmedi Purba SPOG : Nama Gunung/ Dolog Simbolon Tidak Berkaitan Dengan Marga Simbolon

×

Dr Sarmedi Purba SPOG : Nama Gunung/ Dolog Simbolon Tidak Berkaitan Dengan Marga Simbolon

Sebarkan artikel ini
Dr Sarmedi Purba SPOG : Nama Gunung/ Dolog Simbolon Tidak Berkaitan Dengan Marga Simbolon
Dr Sarmedi Purba SPOG Ketua DPP-PMS (Photo : Ist)

DAILYPOSNESIA, Pematangsiantar – Gunung/ Dolog Simbolon lokasinya berdekatan dengan kampung Saya Nagori Sondi Raya Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun yang terletak di kaki Gunung/ Dolog Simbolon tempat Saya dibesarkan sampai sekolah rakyat tahun 1953.

“Semenjak kanak-kanak kami mengetahui bahwa nama Simbolon tidak berkaitan dengan marga Simbolon, melainkan berasal dari imbou bolon (kera besar) yang selalu mengingatkan kami pada sore hari, kalau hujan akan turun.” demikian dikatakan Dr Sarmedi Purba SPOG Ketua DPP-PMS kepada awak media Jumat, (23/6/2023).

Dr Sarmedi Purba SPOG mengatakan sehubungan dengan rencana Napak Tilas yang dilaksanakan Marga Simbolon ke Gunung Simbolon ternyata menimbulkan reaksi keras masyarakat Simalungun, karena kegiatan tersebut dianggap ingin meng Klaim Gunung Simbolon berkaitan dengan Marga Simbolon, ujar Dr Sarmedi Purba SPOG.

Baca Juga :  Bupati Simalungun Terima Audiensi Manager PTPN-4 Wilayah Kabupaten Simalungun

Melihat reaksi masyarakat Simalungun terhadap rencana kegiatan kelompok marga Simbolon yang dinilai mengklaim Gunung Simbolon adalah milik leluhur mereka, berpotensi menimbulkan penolakan keras dari masyarakat Simalungun.

“Untuk itulah Saya menghimbau agar sementara membatalkan kegiatan tersebut dan Pelaksana kegiatan segera memberikan penjelasan secara terbuka tentang maksud dan tujuan mengadakan kegiatan Napak Tilas tersebut demi menghindari potensi konflik horisontal penduduk Kabupaten Simalungun,” tambahnya mengakhiri. (TIM)