Scroll keatas untuk baca artikel
Example 325x300

Example 325x300
Regional

Distribusi Pupuk Sesuai Musim Tanam Prof. Dr. Sanggam Siahaan, M.Hum.

×

Distribusi Pupuk Sesuai Musim Tanam Prof. Dr. Sanggam Siahaan, M.Hum.

Sebarkan artikel ini
Distribusi Pupuk Sesuai Musim Tanam Prof. Dr. Sanggam Siahaan, M.Hum.
Prof. Dr. Sanggam Siahaan, M.Hum (Photo : Tangkapan layar video Prof. Dr. Sanggam Siahaan, M.Hum)

Dailyposnesia, Pematang Siantar – Proses untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas panen pertanian harus terus menerus diamati untuk menjamin ketahanan pangan.

Perlu penjadwalan distribusi peralatan pengolahan lahan termasuk pengecekan sistim irigasi, benih, pupuk, pestisida, peralatan pengolahan panen dan pasca panen. Semua itu untuk menjamin panen raya untuk ketahanan lumbung pangan.

Ada kalanya salah satu dari proses itu mengalami kendala, misalnya kelangkaan pupuk di lapangan. Apabila fenomena pupuk langka terjadi, panen mungkin tidak akan optimal, ketahanan pangan akan terganggu, harga bahan pangan akan meningkat, dan mungkin import bahan pangan akan meningkat juga.

Oleh sebab itu, semua pihak terkait harus mampu mengedepankan kepentingan distribusi semua aspek yang diperlukan dalam proses peningkatan kuantitas dan kualitas pertanian itu sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Baca Juga :  Prof DR Sanggam Siahaan MHum : Pendidikan Untuk Mencapai Tujuan Hidup

Semua pihak harus menghindarkan perbuatan yang dapat merusak proses untuk menghasilkan panen raya. Semua pihak harus mendukung proses menuju panen raya demi ketahanan pangan yang kuat buat negara dan bangsa yang mantap.