Scroll keatas untuk baca artikel
Example 325x300
Politics

Bistok Richard Lumbantobing Ziarah Ke Makam Raja Siantar

×

Bistok Richard Lumbantobing Ziarah Ke Makam Raja Siantar

Sebarkan artikel ini
Bistok Richard Lumbantobing Ziarah Ke Makam Raja Siantar

DAILYPOSNESIA, PEMATANGSIANTARBistok Richard Lumbantobing Calon Walikota (Cawako) Pematangsiantar, berziarah ke makam keturunan Raja  Siantar di jalan Pematang, kecamatan Siantar Selatan, Pematangsiantar, Sumut, Sabtu (6/7/2024).

Bistok beserta Istri dan didampingi beberapa tim pemenangannya hadir di makam keturunan Raja Pematangsiantar, sekira pukul 08.30 Wib.

Ditempat itu, Bistok dan rombongan diterima oleh Moni Purba yang merupakan keturunan dari Putri Raja Sangnaualuh, juga Edi Juniarto dan Paner Damanik.

Bistok disambut oleh Moni di kediamannya sebelum melakukan ritual ziarah.

Pada kesempatan tersebut Cawako itu mendapatkan silsilah dari keturunan Raja Siantar Sangnaualuh Damanik, juga harapan dari keturunan Raja saat Bistok telah menjadi Walikota Pematangsiantar.

Baca Juga :  St. Yan Santoso Purba, SH. MM Mengabdi Tanpa Henti kepada Bangsa, Negara dan Masyarakat

Usai berziarah di Makam keturunan Raja Siantar Sangnaualuh Damanik di jalan Pematang, Bistok dan rombongan melanjutkan peziarahannya ke makam keturunan Sangnaualuh yang berada di Nagahuta, kecamatan Siantar Marimbun.

Sebelum melakukan ziarah ke makam anak Raja Sangnaualuh, Bistok lebih dulu maranggir (mandi ritual Simalungun) di permandian Raja.

Ramot Damanik, salah satu dari keturunan Raja Sangnaulauh, kepada Since24News.com menceritakan silsilah Raja Sangnaualuh Damanik.

Ramot mengisahkan harapannya, agar ada pihak yang memberikan perhatian serius akan keberadaan makam keturunan Raja Siantar tersebut.

“Belum ada pihak yang datang berziarah ke makam keturunan Raja Sangnaualuh di Nagahuta ini, sekalipun dari pihak Pemko, kami sangat bangga dengan kehadiran pak Bistok yang mau menjiarahi Raja Siantar ini, kami harap kelak Pak Bistok mau memperhatikan ini,” ucap Ramot.

Baca Juga :  Sukseskan Rapimnas Partai Gerindra, Satria Kerahkan 1000 Kader Di SICC

“Kami harap setelah jadi Walikota nanti, Pak Bistok tetap memberi perhatian ke makam keturunan Raja Siantar di Nagahuta ini, dengan memugar dan mendirikan gapura di tempat ini,” terang Ramot.

Di tempat tersebut, Bistok dan Istri juga memberikan bingkisan Sembako kepada Anak Yatim Piatu dari 8 kecamatan se-Pematangsiantar.

Ratusan warga juga mengerumuni Bistok di lokasi tersebut. Warga yang mengetahui kehadirannya langsung berbondong dan berlomba berjabat tangan dengan Cawako Pematangsiantar itu.

Selain memberikan Sembako kepada Puluhan anak yatim piatu, Bistok dan Istri memberikan pertanyaan Quiz kepada warga dan seluruh anak yatim piatu, terkait profil data pribadinya.

Quiz tersebut pun dimenangkan oleh beberapa orang, dan hadiah berupa Jam, Payung, Tuperware, kepada para Pemenang.