Scroll keatas untuk baca artikel
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Regional

Plt Walikota Pematangsiantar Diwakili Asisten III Saksikan Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 di Kantor KPUD Pematangsiantar

×

Plt Walikota Pematangsiantar Diwakili Asisten III Saksikan Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 di Kantor KPUD Pematangsiantar

Sebarkan artikel ini
Plt Walikota Pematangsiantar Diwakili Asisten III Saksikan Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 di Kantor KPUD Pematangsiantar
Dokumentasi Foto Saat Menyaksikan Live Streaming Peluncuran Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar (Photo : Int. Diskominfo Kota Pematangsiantar)

Dailyposnesia – Pematangsiantar | Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani Sp.A diwakili Asisten III Pardamean Silaen MSi menyaksikan live streaming Peluncuran Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar, Jalan Porsea, Selasa (14/06/2022).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam sambutannya di acara yang disiarkan dari Kantor KPU RI di Jakarta berharap Indonesia menjadi rujukan dunia dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Karena itu, Tito meminta KPU mendorong partisipasi pemilih yang tinggi. Serta perlu dilakukan pendidikan politik bagi masyarakat agar mengetahui hak-haknya.

“Agar masyarakat paham hak-haknya dalam pemilihan karena menentukan perjalanan bangsa ke depan,” katanya.

Foto Bersama Komisioner KPUD Kota Pematangsiantar Bersama Dengan Perwakilan Pemerintah Kota Pematangsiantar dan Perwakilan Partai Politik di Sekretariat KPUD Kota Pematangsiantar Selesai Menyaksikan Live Streaming Peluncuran Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 (Photo : Int. Facebook Diskominfo Kota Pematangsiantar)

Lebih lanjut Tito menyampaikan, pemerintah mengingatkan KPU agar mengefisiensi anggaran Pemilu 2024. Hal itu, katanya, sesuai pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga :  Prof DR Sanggam Siahaan MHum : Pendidikan Untuk Mencapai Tujuan Hidup

Menurutnya, dalam pertemuan dengan Komisioner KPU pada 30 Mei 2022 lalu, Presiden Jokowi meminta KPU agar menjaga kualitas Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Sementara Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan pesan Bung Karno dalam Peluncuran Tahapan Pemilu 2024.

“Hari ini tahapan Pemilu 2024 resmi diluncurkan. Sejak awal, DPR RI, pemerintah, dan KPU serta seluruh elemen masyarakat sudah berkomitmen bahwa 2024 Pemilu harus dilaksanakan. Jadi tidak ada pembahasan penundaan mengulur ngulur waktu. Yang jelas, dari awal bahwa Pemilu dilaksanakan setiap lima tahun sekali,” ujarnya.

Puan Maharani juga mengingatkan agar tidak memandang Pemilu di Indonesia sebagai mekanisme demokrasi.

“Pemilu jangan dianggap rutinitas lima tahunan saja, pemilu punya kedudukan strategis dalam berdemokrasi di Indonesia. Kedudukan strategis itu dikarenakan Pemilu merupakan perwujudan pengamalan sila keempat Pancasila, yakni Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan,” tukasnya.

Baca Juga :  Robinson Sitorus Mantapkan Langkah Ambil Formulir Pendaftaran Balon Bupati Toba PDIP, Terjawab Sudah Keraguan Masyarakat!

Melalui Pemilu, lanjutnya, pemimpin terpilih memperoleh legitimasi untuk merumuskan kebijakan.

Ia juga menyampaikan, di era demokrasi modern, Pemilu menjadi arena bagi rakyat untuk memilih eksekutif, mulai bupati/wali kota, gubernur, hingga presiden dan wakil presiden. Karena itu dengan kedudukan strategisnya, hasil Pemilu akan menentukan wajah kehidupan berbangsa bernegara lima tahun ke depan.

Sedangkan Ketua KPU Ri Hasyim Asy’ari mengatakan, Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 diadakan 14 Juni 2022. Jika dihitung mundur mulai 14 Februari 2024, maka hari pemungutan suara tepat 20 bulan lagi.

Tidak lupa Hasyim meminta dukungan kepada semua pihak yang terlibat agar tahapan hingga pelaksanaan Pemilu dapat berjalan lancar.

“Tentu kami tidak bisa bekerja sendiri, kami selalu mohon dukungan dari pemerintah, kami mohon dukungan DPR, partai politik, segenap pimpinan bangsa dan seluruh rakyat Indonesia,” sebutnya.

Baca Juga :  Bupati Simalungun Resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN ULP Parapat

Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 ditandai dengan menekan sirine.

Turut hadir menyaksikan, Ketua KPU Kota Pematangsiantar Daniel Dolok Sibarani, Ketua Bawaslu Kota Pematangsiantar Syafii Siregar, mewakili Kapolres Pematangsiantar, mewakili Dandim 0207/ Simalungun, mewakili Ketua Pengadilan Negeri Pematangsiantar, perwakilan partai politik, dan para Komisioner KPU Kota Pematangsiantar.